peran ayah bagi tumbuh kembang anak

Standar

1362923612534049214

(anak membutuhkan teladan dalam hidupnya. orangtua sebagai pendidik pertama dan utama sangat penting memberikan curahan kasih sayang yang tulus kepada mereka. namun … seringkali terjadi ketimpangan dalam pengasuhan anak. dimana peran ayah kadang minim bahkan kadang tiada sama sekali. mengapa demikian ? ditulis oleh dewi laily purnamasari)

Pemikiran bahwa pengasuhan anak hanyalah tugas seorang ibu sudah seharusnya diluruskan kembali. Pengasuhan anak adalah tugas bersama Ibu dan Ayah. Anak yang mendapatkan kasih sayang seimbang dari Ibu dan Ayahnya akan menjadi pribadi yang matang dan memiliki tingkat kecerdasan emosi yang lebih tinggi. Lalu … Bagaimana cara Ayah memainkan peran positifnya ? Yuk! Simak beberapa kegiatan Ayah bersama anak yang dapat membantu tumbuh kembang anak ke arah yang lebih baik.

Beribadah kepada Allah Yang Maha Pemurah haruslah dicontohkan oleh orangtua secara nyata. Teladan dari Ayah tentang cara bersyukur atas segala ni’mat karunia dari Illahi Rabbi akan lebih mudah diserap oleh anak. Bekal rasa sabar yang ditunjukkan dengan hangatnya komunikasi antara Ayah dan anak akan menjadikan anak sebagai pribadi yang penyayang.

13629230702002938079

Ayah dan anak berenang bersama. Selain menyehatkan tubuh juga dapat meningkatkan rasa kebersamaan. Tak hanya meningkatkan kecerdasan kinestetik dan natural, juga kecerdasan interpersonal akan meningkat. Anak juga belajar tentang pencapaian prestasi harus melalui proses berlatih bukan didapat secara instan.

13629232771747435045

Anak perempuan dapat belajar tentang bagaimana rasanya dilindungi sekaligus diberi kepercayaan oleh Ayahnya. Dia akan merekam teladan mulia dari Ayahnya sebagai referensi terbaik tentang bagaimana seharusnya dirinya diperlakukan oleh pasangannya. Sedangkan anak laki-laki akan mencontoh perilaku baik dari Ayahnya tentang keberanian dan ketangguhan.

13629239871212627902

Ayah juga sangat berperan dalam memberikan teladan bagi anak yang telah beranjak remaja. Menjadi sahabat remaja tentu akan menjadi mereka pribadi yang terbuka. Nilai-nilai positif yang ada pada diri Ayah akan lebih mengena ditangkap oleh remaja bila disampaikan lewat perilaku sehari-hari. Menjalankan hobi bersama seperti bersepeda di akhir pekan akan menjalin keakraban antara Ayah dan anak.

Ayah mengajak anak untuk mencintai alam lingkungan. Berkunjung ke daerah pedesaan adalah salah satu pilihan menarik. Tak melulu keluar masuk pusat perbelanjaan atau berkutat dengan gedget. Sesekali berkunjung ke desa Tegaljugul dan Cigugur Kuningan, Tawangmangu Karanganyar, Wates Yogyakarta, bahkan pernah juga kemping di bumi perkemahan Palutungan kaki Gunung Ciremai.

Nah … Kalau ini suasana alami di daerah Lembang Bandung. Udara yang sejuk segar dengan pepohonan di bukit sebagai latar belakang membuat anak bertambah kecintaannya kepada alam lingkungan. Ayah memberikan teladan untuk menjaga kelestarian alam lingkungan dengan hal-hal kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya, hemat dalam pemakaian air, tidak merokok, juga menanam pohon di halaman rumah. Sambil menikmati pemandangan indah, Ayah dapat menyampaikan pelajaran sains kepada anak.

1362924976885819749

Bila ku ingat lelah … Ayah Bunda … Bunda piara-piara akan daku sehingga aku besarlah … Waktuku kecil hidupku amatlah senang … Senang dipangku-dipangku dipeluknya … Serta dicium-dicium dimanjakan … Namanya kesayangan …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s