rezeki tak harus melulu berupa uang

Standar

Apakah rezeki itu hanya berupa uang ? Sebagian besar orang bilang iya sambil mengangguk-angguk pasti. Namun, Aku punya pendapat pribadi. Bahwa rezeki tidak melulu berupa uang atau yang disetarakan dengan itu. Rezeki berupa keimanan, kesehatan, keselamatan, dan kebahagiaan rasanya jauh lebih penting daripada lembaran atau bahkan gepokan uang.

Firman Allah Yang Maha Bijaksana tertuang dalam surat Al Baqarah ayat 152, “Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersykurlah kepada-Ku dan jangalah kamu ingkar kepada-Ku.”

Kejadian mengejutkan di awal bulan Ramadhan tahun inipun membuatku makin yakin bahwa memang rezeki itu tidak melulu uang. Satu tulisanku tiba-tiba saja di baca seorang wartawati tabloid Wanita Indonesia. Dia meminta waktu untuk wawancara di rumahku. Lalu … Inspirasi dari tulisanku di kompasiana dan hasil wawancara telah terbit menjadi kisah sejati. Begitupun tulisanku tentang hikmah haji telah diangkat oleh majalah Noor.

Pengalaman mengajarkan bahwa rezeki juga sering datang dari tempat yang tidak disangka. Suatu ketika aku bersama keluarga diundang untuk menikmati liburan semalam dua hari di Kota Batu Malang gratis akomodasi dan transportasi (kecuali tiket pulang pergi menuju Surabaya). Aku cek harga cottage-nya hampir setara uang tunjangan dosenku sebulan. Belum lagi acara rekreasi ke Secret Zoo dan makan-makannya. Alhamdulillah …

Di waktu lain, sepulang kantor suamiku memberikan selembar voucher menginap di sebuah hotel bintang lima di kawasan Padalarang Bandung. Bersamaan dengan waktu liburan kedua anakku yang nge-boarding. Syukurlah … Kalau tidak sekeluarga bakalan kurang seru bukan ? Senangnya bisa menemani anak-anak berenang, berkeliling danau, dan menikmati kuliner Bandung.

Ada lagi cerita tak disangka-sangka menyusul suami dinas di luar kota. Ha3 … Padahal aku sudah punya tiket menuju Cirebon untuk persiapan mengajar. Eh … Tiba-tiba ada pesan masuk bahwa suami harus melanjutkan rapatnya di Bandung dan dapat kamar sendirian. Aku langsung tukar tiket dan meluncur dengan Argo Parahyangan menuju Bandung. Betapa senangnya hati ini bisa berduaan saja dengan suami walau hanya semalam di hotel berbintang. Padahal kalau bayar sendiri pastilah berpikir seratus kali!

Rezeki lainnya menginap gratis di sebuah hotel di Semarang yang memiliki kolam renang di lantai 30. Ini adalah kolam renang tertinggi di Indonesia.

Oya … Kompasiana yang menjadi tempatku menuangkan tulisan, ternyata sering juga menjadi jalan rezeki yang tiada disangka. Aku bisa ketemu Gubernur DKI Joko Widodo. Sempat pula menghadiahkan buku yang ku tulis berjudul Bukan Kota Wali kepada beliau. Wuih … Berbunga-bunga hati ini.

Beberapa seminar nasional dan internasional pernah aku ikuti dengan gratis. Itupun menurutku adalah rezeki yang luarbiasa nilainya. Aku memperoleh ilmu pengetahuan, jejaring silaturahim, dan tentu saja rasa syukur tiada henti kepada Allah Yang Maha Pemurah.

Ketika aku renungkan, ternyata senyum ibu-ibu di posyandu juga tawa ceria anak-anak di taman bacaan yang aku kelola di sebuah perumahan RSS-pun adalah rezeki. Ucapan terimakasih penjual sayur yang setiap pagi aku berbelanja dan juru parkir yang melambaikan tangan tanda suka cita menerima recehan itupun adalah rezeki. Bantuan asisten rumahtangga yang bekerja dengan ikhlas adalah rezeki. Salam dan semangat belajar para mahasiswa di kelas adalah rezeki.

Belum lagi bila makin aku renungkan … Tiada satupun ciptaan Allah Yang Maha Kuasa sia-sia. “Maka, apakah kamu mengira bahwa Kami menciptakan kamu main-main (tanpa ada maksud) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami ? Maka, Maha Tinggi Allah, Raja yang sebenarnya; tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Tuhan (yang memiliki) ‘Arsy yang mulia.” (QS. Al Mu’minun 23 : 115-116).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s