saatnya penduduk desa menjadi blogger

Standar

Wah … Supraise betul saat silaturahim ke rumah keluarga di desa Panjatan Wates Yogyakarta. Apa gerangan itu ? Di seberang rumah ada bangunan kecil dengan papan putih bertuliskan Pusat Layanan Internet Kecamatan dengan logo Kementrian Kominfo. Penasaran aku intip ke dalam ruangan. Ternyata ada beberapa set perangkat komputer. Di luar bangunan ada tower setinggi lebih dari 10 meter.

Bangunan ini berdiri tepat di pojok pasar. Sebelah bangunan ada sungai dan di tak jauh dari situ ada hamparan sawah. Anak-anakku Kaka dan Mas juga tertarik dengan fenomena internet masuk desa ini. Usut punya usut ternyata pengelolanya adalah istri sepupu suamiku. Sayang … Aku tak sempat berbincang lebih dalam tentang bagaimana pengelolaan sehari-hari pusat layanan internet ini.

Lucunya … Sepanjang perjalanan menuju Kota Yogyakarta, kami malah ramai berdiskusi tentang manfaat internet yang ada di pedesaan. Kaka punya teori bahwa bila sudah ada internet para petani bisa menjual hasil pertaniannya dengan membuat situs sendiri dan langsung berhubungan dengan pembeli dari luar daerah bahkan luar negeri. Mas punya pendapat bahwa anak-anak di desa itu bisa mencari informasi untuk bahan pelajaran sekolah dengan searching google. Eh … Teteh si kecil yang baru lulus TK bilang … Asyik dong! Di desa bisa main game online. Ha3 … Sepertinya yang terakhir ini perlu di teliti. Apakah internet dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan atau hanya sekedar untuk main game ?

Tentu aku berharap, dengan adanya internet masuk desa bisa meningkatkan kesejahteraan penduduk di sana. Hasil bumi dapat dipasarkan dengan lebih baik. Lebih penting lagi adalah peningkatan pengetahuan yang bermanfaat bagi mereka. Satu lagi nih … Aku jadi kepingin balik lagi kesana suatu hari nanti untuk mengajak penduduk aktif menulis, membuat blog, dan menjadi blogger.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s