berkunjung ke museum geologi bandung

Standar

Menemani Muhammad Hafizh Haidar Hanif berburu dinosaurus di museum Geologi Bandung, seru loh! Aku teringat ketika tahun 2006 akan berangkat ibadah haji, Mas punya koleksi boneka karet dinosaurus sekitar 7 jenis. Mas senang sekali memandangi bonekanya itu menjelang tidur, hingga tertidur kadang masih memegang dinosaurus kesukaannya si t-rex. Beberapa buku cerita tentang dinosauruspun dikoleksinya.

13679901571552501121

Foto satu : Mas asyik memperhatikan fosil dinosaurus dan keterangan tentang kehidupan makhluk yang hidup duaratus juta tahun lalu.

Nah … Mas sangat penasaran dengan cerita ada dinosaurus di museum Geologi Bandung. Saat liburan ujian nasional, akhirnya kesampaian juga Mas bertemu dinosaurus di sana. He3 … Saat melihat fosil dinosaurus, Mas terlihat sangat serius. Oleh-oleh yang paling menyenangkan adalah bisa melihat langsung tulang belulang fosil dinosaurus dan sebuah buku keren berjudul Atlas Dinosaurus yang diterbitkan Erlanggga. Aku juga jadi penasaran ingin ikut berburu dinosaurus dalam buku bersampul hijau ini. Benar! Ternyata sangat mengasyikkan menelusuri kembali kehidupan 200 juta tahun yang silam.

Fosil dinosaurus kadang ditemukan secara kebetulan. Namun kebanyakan fosil ditemukan oelh paleontolog melalui ekspedisi yang terorganisir selama bertahun-tahun ditempat yang sulit lagi berbahaya. Para ahli berusaha menghidupkan tulang belulang yang ditemukan dengan melakukan rekonstruksi dinosaurus. Mereka membangun kembali kerangkanya merangkai kembali tulang belulangnya dan memberinya nama. Iya loh! Dinosaurus itu punya nama yang unik dan para penemunya bisa memberi nama apa saja sesuai keinginan mereka.

13679901831041086123

Foto dua : Nah … Ibrahim Rasyid Ridho Rusydi bergaya seakan dikejar dinosaurus he3 … (sepertinya tidak mungkin ya ? bukankah dinosaurus hidup saat manusia belum ada di bumi ini ?)

Ceratopsi pentaceratops memiliki tengkorak terbesar di antara hewan darat, panjang tengkoraknya hingga 3 meter. Tyrannosaurus memiliki gigitan yang paling kuat di antara dinosaurus sekitar 3 kali lipat gigitan singa. Sauropoda diplodocus dapat menggerakkan ekor mirip cambuknya lebih cepat dari kecepatan suara. Stegorauria lexovizarius memiliki duri terpanjang di antara dinosaurus hingga 1,2 meter. Sauropoda amphicolias menjadi dinosaurus terbesar sepanjang masa sekitar 60 meter. Dromaeosauria berukuran sebesar ayam sekitar 30 centimeter.

Selain di museum Geologi Bandung, dinosaurus dipamerkan di museum seluruh dunia. Museum sejarah alam di New York Amerika Serikat memiliki koleksi fosil terbesar di dunia. Paleontolog yang paling terkenal yang bekerja di museum itu adalah Barnum Brown. Museum besar lainnya ada di Museum Sejarah Alam London Inggris dan museum Dinosaurus Zigong di tenggara Cina. Paleontolog bisa juga dikatakan sebagai detektif dinosaurus, salah satu yang paling terkenal di masa modern ini adalah Paul Sereno seorang Amerika yang memimpin ekspedisi ke seluruh dunia.

1367990328709440721

Foto tiga : Beginilah dua jagoanku mengisi liburannya. Bermain sambil belajar di museum Geologi Bandung. Kepingin juga jalan-jalan ke museum di belahan dunia lainnya yang menampilkan koleksi fosil dinosaurus lebih lengkap dari yang ada di sini, semoga …

Penemuan fantastis dan tak sengaja dialami oleh Sue Hendrickson yang melihat tulang belulang Tyrannosaurus paling besar, paling utuh dan terawetkan dengan baik, saat melakukan penggalian fosil di South Dakota Amerika. Situs spektakuler ditemukan tahun 1993 di dataran rendah Nemegt di gurun Gobi bernama Ukhaa Tolgod seluar kurang dari 50 kilometer persegi. Inilah tempat terbaik menemukan fosil dari masa Mesozoikum. Pulau dinosaurus ada di pulau Wight di lepas pantai Inggris Selatan. Hamparan fosil luar biasa besar di pulau ini, mungkin mengandung 5.000 Hypsilophodon. Taman Provisial Dinosaurus di Alberta Selatan Kanada memiliki fosil penting diantaranya 300 kerangka dinosaurus akhir jaman kapur yang terawetkan dengan baik. Di antaranya adalah hamparan fosil yang mengandung tulang belulang sekawanan besar Centrosauria. Monumen Nasional Dinosaurus di Colorado dan Utah Amerika merupakan situs akhir jaman Jura paling aneka ragam di dunia. Ratusan tulang belulang Sauropoda, Stegosaurus dan Theropoda ditemukan di tempat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s