ibrahim blogger muda di ajang komunitas ekonomi asean

Standar

Usianya baru 17 tahun lewat tiga bulan. Masih muda tentunya. Namun, minat dan semangatnya untuk menjadi blogger patut diapresiasi. Ya … Blogger muda bernama Ibrahim Rasyid Ridho Rusydi (Kaka) telah memiliki 2 blog dan menjadi anggota kompasiana sejak usia 15 tahun. Lucunya waktu ditanya apakah rajin menulis di kompasiana ? Kaka bilang baru menulis tiga artikel, itupun isinya iseng-iseng bercanda he3 …

Nah … Blog My Life Story yang beralamat di http://ibrahimrusydi.blogspot.com/ ternyata berisi curahan isi hati dan pikirannya sebagai anak muda. Satu lagi blog Read My Brain dengan alamat http://insideibrahimbrain.blogspot.com/ cukup menarik tampilannya. Menurut Kaka sebagai pelajar SMA Islamic Boarding School (sekolah berasrama) Insan Cendikia Sekar Kemuning Cirebon ada keterbatasan waktu dan kesempatan untuk aktif menulis di blog. Maklum saja jadwal sekolah dan pesantren yang sangat padat mulai pukul 04.00 pagi hingga 22.00 malam. Jika ada waktu luangpun lebih sering digunakan untuk olahraga atau try out pemantapan ujian akhir nasional dan seleksi masuk perguruan tinggi. Oh … Iya … Kaka kan sekarang sudah kelas tiga.

Lalu … Bagaimana bisa Kaka ikut hadir sebagai undangan di acara keren yang digagas oleh Kementerian Luar Negeri, ASEAN dan ASEAN Blogger Community pada tanggal 24 Agustus 2013 ? Penasaran ? Senyum Kaka mengembang sambil menjawab : ‘Ini gara-gara ibuku juga kompasianer. Jadi deh! Aku nemenin ibu sekaligus jadi peserta.’

Acara seminar dengan tema Asean Connectivity menuju Komunitas ASEAN 2015 : Peran dan Kontribusi Blogger dan Social Media dalam menghadapi Integrasi Ekonomi ASEAN. Kegiatan ini di buka oleh Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN 2015 I Gusti Agung Wesaka Puja. Dihadiri pula oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring,  Duta Besar Amerika untuk ASEAN David. Ada ketua umum HIPMI dan Presiden ASEAN Blogger Community Chapter Indonesia.

Selepas acara pembukaan, Kaka berkenalan dengan admin kompasiana Iskandar Zulkarnaen. Sebelumnya Kaka juga berfoto bersama kompasiner yang hobi fotografi Dian Kelana. Ajang kopi darat seperti ini memang sangat menyenangkan. Selain bisa bertukar informasi juga paling asyik adalah sesi berfoto ria he3 … (selengkapnya ada di sini http://metro.kompasiana.com/2013/08/24/peran-blogger-indonesia-dalam-komunitas-ekonomi-asean-2015-583713.html)

Menurut pendapatku sangatlah penting peran kaum muda untuk mendukung Komunitas ASEAN yang terdiri dari tiga pilar, yaitu Komunitas Keamanan ASEAN, Komunitas Ekonomi ASEAN (KEA), dan Komunitas Sosial-Budaya ASEAN. Kaum muda sebaya Kaka yang berusia 20-an tahun saat KEA 2015 benar-benar hadir. Nyata! Suka tidak suka, mau tidak mau … Faktanya waktu tinggal 2 tahun saja. Pertanyaan pentingnya adalah apa yang bisa segera kita lakukan bersama ? Agar kaum muda siap menjadi subyek atau pemain aktif dalam KEA 2015 bukan obyek atau pasif menjadi penonton saja.

Kaka mengungkapkan bahwa dirinya bercita-cita menjadi ahli teknik industri yang juga pengusaha. Wow … Ini cita-cita hebat! Memang sudah seharusnya menjadi semangat kaum muda bahwa menjadi pengusaha itu keren! Menjadi pengusaha itu adalah satu jalan keberhasilan dan kesejahteraan bagi bangsa yang ingin maju. Bidang  industri di negara Indonesia masih tertinggal. Defisit neraca ekspor impor tahun lalu juga disebabkan impor barang manufaktur (barang industri) yang lebih tinggi dibandingkan dengan ekspor hasil bumi dan alam dari dalam negeri.

Pembentukan KEA 2015 di tengah globalisasi dunia tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan kuat dari masyarakat ASEAN sendiri, pun demikian di Indonesia. Dalam kaitan itu anggota ASEAN perlu memperkuat upayanya untuk membuat ASEAN semakin relevan, bermanfaat, dan dapat dirasakan oleh rakyat. Di sinilah peran para blogger terutama blogger muda sangatlah penting mengingat tantangan masyarakat dunia ke depan akan bergantung pada penguasaan teknologi informasi serta penguasaan media sosial.

Alhamdulillah … Sekolah Kaka adalah binaan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pusat yang memiliki keunggulan sebagai digital school http://sekarkemuning-ibs.sch.id/visi-dan-misi.html. Kaka telah mendapatkan ilmu pengetahuan tentang teknologi komunikasi dan informasi semenjak sekolah dasar dan semakin terasah saat SMA. Nilai rapor Kaka untuk pelajaran TIK dan pemograman rata-rata di atas 90.

Satu lagi yang penting sebagai modal dalam percaturan ekonomi di ASEAN juga di dunia adalah penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris. Terbukti dalam acara kali inipun bahasa Inggris diperlukan untuk memahami materi yang disampaikan Duta Besar Amerika untuk ASEAN. Tentu lebih penting lagi adalah saat kita akan menerbitkan tulisan tentang keunggulan Indonesia dan pentingnya konektivitas ASEAN di kancah internasional, bahasa Inggris menjadi modal utama.

Foto: Alhamdulillah ...

(He3 … Sungguh saat menulis paragraf ini aku malu hati dan sangat termotivasi  untuk terus mengasah kemampuan bahasa Inggris terutama dalam tulisan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s