komunitas ibu doyan nulis

Standar

‘Ibu … Bu …’ suara nyaring Kindi menerobos gendang telingaku. ‘Ya … ya … Ibu di sini sayang’, jawabku segera. Ada perjanjian dan kesepakatan antara aku dan anak-anak (Rusydi, Hanif, dan Kindi) bila dipanggil harus segera merespon dengan ucapan yang baik. He3 … Kali ini pun walau aku sedang ’sakaw’ menulis komentar di http://www.facebook.com/groups/ibuibudoyannulis/ IIDN Interaktif (Ibu-ibu Doyan Nulis Interaktif). ‘Ih … Ibu nih sepertinya kecanduan menulis deh!’ protes Kindi. Hah … Tahu darimana dia istilah kecanduan. Ooohhh … Aku, Dewi Laily Purnamasari ingat pernah mengajak Maryam Aliyya Al Kindi ikut membaca tulisanku yang berjudul ‘Ibu-ku Kecanduan Menulis di Kompasiana’. Ha3 … Aku mengerti maksud Kindi, aku terlihat begitu asyik dan serius saat mengawal kelas diskusi online [bedahrumah].

Soal tulis menulis memang salah satu hobiku selain membaca dan fotografi. Jauh sebelum mengenal para sahabat di komunitas keren ini, aku sudah menulis opini di koran lokal dan nasional. Juga menjadi kontributor di Buletin Blakasuta dan menulis buku berjudul ‘Bukan Kota Wali’ yang terbit tahun 2006. Namun, saat dahulu itu sangatlah sepi rasanya dunia tulis menulis. Tak disangka era digital dan internet membuat khayalanku menjadi nyata.

Foto : Buku ‘Bukan Kota Wali’ yang kutulis bersama tiga sahabat, menjadi hadiah untuk Jokowi juga hadiah untuk peserta kelas diskusi online [bedahrumah] di IIDN. Tahun 1999, aku sempat berandai-andai. Para penulis (apapun genre-nya) terutama perempuan dapat saling berjumpa di dunia maya. Selusin tahun lalu aku sudah berkenalan dan akrab dengan internet karena bekerja sebagai dosen sekaligus Direktur Akademi dimana kampusku telah memiliki jaringan internet. Komputer pribadi di ruang kerjaku sudah terkoneksi dengan internet yang memungkinkan aku untuk tergabung dalam group di yahoo.com. Tapi … Tahun awal reformasi itu belum ada group penulis (atau kalau ada aku tak tahu …).

Foto : Sebelum berkenalan dengan IIDN, aku sudah aktif menulis. Namun kesenanganku menulis bertambah ketika bergabung dengan komunitas beranggotakan ibu-ibu hebat di IIDN. Akhir tahun 2012 aku mencoba menawarkan diri menjadi penanggung jawab kelas diskusi online. Sapa hangat dulu Indari Mastuti Nunu El-fasa Candra Nila Murti Dewojati Lygia Pecanduhujan Hana Sugiharti Arin- Murtiyarini.

Foto : Apa rasanya di wawancara wartawan ? Rasanya dag-dig-dug he3 … Aku diwawancara wartawan Majalah Noor terkait tema ibadah Haji. Inipun adalah akibat sampingan dari hobi menulis. Ternyata wartawan-nya tertarik dengan beberapa tulisanku tentang haji di Koran Republika.

Foto : Nah … Tulisanku tayang di Majalah Potret saat aku sudah kenal IIDN. Ternyata makin asyik nih hobiku. Inilah momen awal aku kecanduan IIDN ha3 … Kelas diskusi online [bedahrumah] ternyata diminati oleh ibu-ibu hebat di komunitas keren ini. Setiap kali di buka tak kurang dari 30 peserta aktif memberikan komentar cantik nan kreatif. Apalagi tiga minggu berturut-turut aku menyiapkan hadiah untuk masing-masing dua orang peserta dengan komentar paling keren. Wah … Benar-benar asyik diskusi online-nya. Kalau penasaran silahkan ikuti dan bersiap untuk dapat hadiah.

Foto : Tulisanku tayang di Leisure Koran Republika. Senang sekali karena ternyata teman-teman IIDN-pun langganan muncul di rubrik ini. Makin seru loh! Ibu-ibu cantik di IIDN bisa saling memberi semangat dan apresiasi. Ya … Tak mengapa bukan ? Bila kecanduan sesuatu yang positif seperti aktif di komunitas ibu-ibu asyik di IIDN. Komunitas yang telah menembus angka 6.000 anggota terus berkiprah sebagai jejaring sosial di dunia maya.

Aku yang tinggal di Jakarta, bisa dengan mudah dalam hitungan detik berinteraksi dengan ibu-ibu keren di hampir seluruh pelosok tanah air. Seperti komentar yang aku tulis ini : ‘selamat malam ibu-ibu cantik : yuk! ikutan kirim komentar kerennya tentang desain kamar anak impian, ada hadiah buku yang ditulis oleh sarah umur 13 tahun berjudul ’senyum ini selalu untukmu’ : sapa hangat dulu Ety Abdul di palembang Reni Anggraeni di manado Eni Suheni di karawangLisliana Sari di riau Rismayani Amran di enrekang : aku senang bisa menyapa anggota IIDN di seluruh pelosok negeri tercinta’.Sapa hangatku juga langsung klik di kolom komentar : ‘imajinasi tentang kamar anak boleh seluas hamparan bumi, setinggi langit, sedalam samudera … yang penting bisa membuatku terharu hiiiksss … : hayu ibu-ibu cantik di tunggu partisipasinya Erlina Ayu di makasar Eka Natassa Sumantri di medan Dwi Dira Rahmawati di samarinda Dora Ummu Azka di malang Asti Latifa Sofi di batam Santi Bunda Ghifari di yogyakarta.Sungguh aku sangat bersyukur dan senantiasa berucap Alhamdulillah … Allah Yang Maha Agung telah mengilhami lahirnya Facebook dengan fasilitas grup. Jadilah IIDN yang bisa membuatku berkenalan dengan ibu-ibu penuh semangat di mancanegara Irawati PrilliaLina HerlinaAlice DewantiMeti Herawati MetiWidy GithulohDewi Mairiza Haris.

Foto : Persahabatan bagai kepompong … Merubah ulat menjadi kupu-kupu. Aku didapuk menjadi narasumber sebuah seminar pengasuhan di Bogor ternyata ada panitiaNur Asiyah Rofi yang menjadi anggota di IIDN. Senangnya bisa berbagi ilmu dan pengalaman dan tentu saja silaturahim dan saling memberi semangat untuk aktif menulis.

Foto : Aku menjadi peserta konferensi internasional ‘The Knowledge Sector’ yang diselenggarakan oleh AusAid di Jakarta. Ternyata salah satu poin penting dari sektor pengetahuan adalah kemampuan menulis dari sebuah bangsa sebagai ukuran keberhasilan pendidikan.

Foto : Alhamdulillah di tanggal cantik 12 Desember 2012, aku menjadi finalis Ibu Teladan versi Majalah Noor. Hatiku bertambah bahagia ternyata acara puncak menjadi ajang silaturahim dari banyak anggota IIDN. Ada Wylvera Windayana senang bisa ketemuan juga dengan Helvy Tiana Rosa (HTR) Mira Sahid Irma Susanti dan Tias Tatanka.

 

Tinggalkan Balasan

