semarang menawan

Standar

Ada apa di kota Semarang ? Apa yang membuat hatiku kepincut ? Ha3 … Semarang memang menawan. Yuk! Ikuti acara jalan-jalanku di kota yang terkenal dengan lumpia dan bandeng prestonya ini.

Hari minggu pagi, di Simpang Lima selalu di tutup untuk kendaraan bermotor. Jalanan di gunakan untuk olahraga, pawai, bersepeda, atau hanya sekedar jalan-jalan. Sayang pagi itu gerimis dan tak lama hujan deras mengguyur. Ah … Aku basah kuyup deh! Padahal sahabatku sudah wanti-wanti … ‘Wi Semarang panas banget loh!’ Lah … Kali ini ramalan cuacanya malah hujan dan Semarang cukup sejuk. Alhamdulillah …

Hari ketiga cuaca kembali cerah. Wah … Aku tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berkeliling kota naik becak bersama Kindi. Lalu sebelum kembali ke Jakarta, aku minta supir taksi untuk berkeliling di kota tua Semarang. Senangnya bisa melihat gedung Lawang Sewu, Gereja Blenduk, suasana lorong bangunan ala jaman kolonial.

Ada bangunan yang direstorasi dan dialih fungsikan. Hal ini bagus karena bangunan menjadi lebih terjaga dan tetap dimanfaatkan dengan baik. Namun ada juga bangunan yang tak terawat, dindingnya sebagian rusak, jendela hampir terlepas, bahkan ada yang di rambati tanaman menjalar. Lebih sedih lagi menurut teman yang juga pemerhati arsitektur, ada bangunan yang dirobohkan begitu saja, lalu di atasnya dibangun pusat perbelanjaan yang disainnya tidak pas untuk kawasan kota tua.

Stasiun Semarang Tawang merupakan bangunan kuno yang masih kokoh berdiri dan berfungsi dengan baik. Aku kembali ke Jakarta naik kereta api Argo Muria. Sampai jumpa lagi kota Semarang yang menawan …

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s