ibrahim berbagi kasih sayang di panti jompo

Standar

Aku, Dewi Laily Purnamasari berpendapat, tak ada hari spesial / khusus untuk mengungkapkan kasih sayang. Semua hari sudah seharusnya adalah hari kasih sayang. Dimana anak-anak kita terutama remaja, sekali lagi harus diberi teladan oleh orangtuanya untuk dapat memaknai hari-hari dalam kehidupan mereka sebagai hari-hari penuh kasih sayang. Terutama kasih sayang dari Tuhan Semesta Alam yang telah menciptakan dan memberikan kehidupan kepada mereka, kasih sayang orangtua, saudara, sahabat, teman, bahkan kasih sayang kepada seluruh makhluk di alam raya.

Kasih sayang kepada sesama sangat penting ditanamkan kepada anak-anak kita. Orangtua harus memberikan teladan pertama dan utama kepada mereka. Bagaimana kita bersyukur kepada Illahi Rabbi Yang Maha Pemurah yang telah begitu banyak melimpahkan karunia dan nikmat-Nya ? Menebar kasih sayang adalah salah satu cara bersyukur itu.

Aku sebagai Ibu dari Ibrahim Rasyid Ridho Rusydi (Kaka 17 tahun) benar-benar sangat bahagia. Dua minggu yang lalu, Kaka sebagai ketua panitia di boarding school-nya telah melaksanakan kegiatan bakti sosial di daerah Argasunya Kota Cirebon. Setelah hampir dua bulan persiapan, baik pengumpulan dana maupun koordinasi dengan warga dan ketua RW setempat, akhirnya acara pun sukses digelar. Pembagian sembako untuk warga kurang mampu dan permainan edukatif untuk anak-anak adalah bentuk rasa syukur Kaka bersama teman-teman sekolahnya. Mereka berbagi kasih sayang dengan sesama. Hati mereka bahagia justru dengan memberi kepada orang yang membutuhkan.

Acara dilanjutkan dengan mendatangi tempat pembuangan sampah akhir di Kota Cirebon. Ternyata tempat yang begitu kumuh dan kotor dihuni oleh puluhan warga yang sebagian besar bekerja sebagai pemulung dan pemilah sampah. Lagi-lagi Kaka melakukan aksi berbagi. Ada pakaian layak pakai yang mereka hadiahkan kepada warga di dekat TPA. Kegiatan bakti sosial ditutup dengan mengunjungi panti asuhan dan paket kasih sayang berupa makanan serta dana pun diserahkan kepada perwakilan anak asuh.

Kemarin Kaka menelponku. Ah … tak  biasanya Kaka menelpon di hari sekolah. Pasti ada hal penting yang akan disampaikan. Aku sambut ucapan salamnya dan ku goda Kaka dengan pertanyaan ‘Ka … kangen ya sama ibu ? Tumben nih nelpon …’. Kaka tertawa renyah di sebrang sana. ‘Iya kangen plus!’ ‘Wah … Plus apa Ka?’ tanyaku penasaran.

Ternyata Kaka menyampaikan dua berita yang semuanya membuatku patut mengucapkan syukur Alhamdulillah … Pertama, Kaka akan mengikuti olimpiade sains astronomi mewakili sekolahnya untuk tingkat Kota Cirebon. Kedua, Kaka minta ijin untuk mengambil dana di tabungannya sebesar Rp. 250.000,- yang akan disumbangkan ke panti jompo yang dikelola Aisyiyah Kota Cirebon. Subhanallah … Kaka dan teman-temannya sungguh telah dikaruniai kelembutan hati dan rasa pemurah  oleh Allah Yang Maha Pengasih. Mereka memilih menyisihkan uang saku dan uang tabungannya untuk berbagi dengan sesama. Luar biasa …

Ketika banyak orangtua yang khawatir dengan gejala hari kasih sayang yang sudah menyimpang. Bagaimana tak getir dan was-was bila di sebuah mini market dijual coklat dan kondom dalam satu paket untuk hari kasih sayang. Tak aral hati mereka akan gundah bila menyaksikan di jalan dan tempat umum remaja berangkulan, berpelukan, bahkan berciuman tanpa sungkan. Apalagi ditambah dengan membaca data aborsi remaja yang makin meningkat dari hari ke hari. Duh … Pastilah mendekati tanggal 14 Februari ini banyak orangtua yang sudah memasang alarm dan mewanti-wanti remajanya untuk tidak ikut-ikutan merayakan.

Kaka mempersiapkan diri untuk mengikuti olimpiade sains astronomi tahun 2013 mewakili sekolahnya di tingkat Kota Cirebon. Selain belajar dengan semangat, Kaka pun aktif sebagai pengurus di organisasi siswa dan menjadi ketua panitia bakti sosial.

Jika sedang berlibur, Kaka akan senang bila melakukan kegiatan kembali ke alam. Salahsatunya adalah berlayar dengan perahu di pantai Ancol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s