belajar di luar kelas

Standar

Aku menyebutnya sebagai mobile schooling. Ya … Belajar di luar kelas bahkan di luar sekolah untuk anak usia dini sangatlah membantu mereka untuk memahami bagaimana alam dan lingkungan ini memiliki peran kepada kehidupannya ?

Beginilah aksi Maryam Aliyya Al Kindi (4,5 tahun) ketika mengikuti mobile schooling.   Apa itu mobile schooling ? Istilah itu muncul begitu saja saat Kindi ingin mengikuti Ibu dan Bapak berangkat dinas ke Bandung. Ok … Kindi boleh ikut, namun tetap belajar ya …

Kindi pun ikut sibuk packing, tas besar diisinya dengan baju, mantel, handuk, alat mandi, dan tak lupa dibawa serta buku cerita, buku gambar, buku iqro, buku membaca, pinsil warna, dan notebook. Waduh … bawaan Kindi lebih banyak dari yang Ibu bawa he3 …

Begitu sampai di Bandung, Kindi bertanya ‘kenapa Bandung dingin ?’ Ibu tetap dengan style berbalik tanya ‘menurut Kindi kenapa ya di sini bisa dingin di bandingkan dengan di Jakarta?’ Kindi menjawab ‘Aku tahu … di sini ada gunungnya … trus mengeluarkan ac yang banyak … jadinya diiiinggiiinnnn sekali’ Ha3 …

Besok harinya, Ibu harus mengurus pekerjaan dan Kindi ditemani Bapak bermain di playground : ada perosotan dan ayunan. Senangnya … Puas bermain, Kindi belajar dengan notebook-nya di kamar, sedangkan Bapak mengerjakan tugas untuk besok asessment di kantornya.

13484847572045416777

Esok paginya, Kindi diajak Ibu belajar memotret. Ada banyak obyek di sekitar cottage, bunga warna-warni, hijau dedaunan, dan suasana menarik di sekitar cottage Darul Jannah komplek Pesantren Daarut Tauhid Gegerkalong. Ya … mengajak Kindi ikut tugas Ibu dan Bapak bukan berarti meninggalkan proses belajar. Memang Kindi harus ijin tidak hadir di sekolah, namun Kindi tetap dapat belajar beradaptasi di lingkungan baru, belajar sabar dan mandiri, juga belajar beragam rasa kuliner.

13484848241414677225

Kindi tetap belajar iqro, membaca, menggambar, dan mewarnai. Wah … ternyata Kindi senang sekali bisa belajar di taman yang sejuk. Sesekali Kindi berlarian di taman, mengejar kupu-kupu sambil berteriak … ‘kupu-kupu jangan pergi … aku gak bisa terbang!’ Juga saat ada kucing yang lewat di dekatnya, Kindi mendekatinya dan bertanya ‘kucing … siapa namamu ? Ayo … main sama aku …” Ha3 … Begitulah imajinasi Kindi yang tiada terbatas.

Waktunya beristirahat, Kindi tetap dengan ritualnya membaca buku sebelum tidur. Buku baru yang dibeli di toko buku dekat masjid Daarut Tauhid menemaninya hingga terlelap.

1348485270951645165

Ketika sudah bangun dan segar kembali, Kindi bermain lagi di playground …

134848552079484675

Dilain waktu, Kindi ikut juga ke Cirebon saat Ibu ada tugas mengajar. Di tempat menginap, Kindi di temani Kaka yang sedang libur sekolah di boardingnya. Selesai bertugas, Ibu menemani Kindi mobile schooling : berenang, mengenal gamelan, outbond, dan belanja oleh-oleh.

13484856131935256719

Renang melatih Kindi agar memiliki keberanian dan menyehatkan badannya.

1348485804958349733

Mengenal kebudayaan Indonesia yang luhur tentu membuat Kindi makin cinta tanah airnya.

13484858451552576098

Kegiatan luar ruang seperti memanjat, berlari, dan melompat dapat meningkatkan kecerdasan majemuk Kindi. Belajar tak melulu harus di dalam kelas atau sekolah. di alam bebas seperti ini, Kindi pun tetap dapat belajar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s