liburan cerdas di kebun raya bogor

Standar

Liburan tidak harus pergi ketempat mewah dan mahal. Kebun Raya Bogor bisa menjadi pilihan yang menarik bagi keluarga untuk mengisi kebersamaan di hari libur. Aku mengajak anak-anak mengunjungi Kebun Raya Bogor pada suatu hari Minggu dengan menggunakan commuter line dari stasiun Kalibata Jakarta. Seru juga loh! Kereta listrik yang biasanya penuh sesak di hari kerja, ternyata pada hari Minggu cukup longgar dan kami dapat duduk dengan nyaman. Pendingin ruangan kereta juga terasa sejuk menambah nyaman perjalanan kami. Kiri kanan terhampar pemandangan menarik … Dari mulai deretan rumah kumuh, kebun-kebun, sawah, dan sungai.

1353488092510627869

Sekitar satu jam perjalanan, kami tiba di stasiun Bogor. Kami mencoba naik angkutan kota untuk mencapai Kebun Raya Bogor. Suasana pagi yang sejuk menambah asyik perjalanan kami. Di pintu gerbang kami membeli es durian dan berjalan menuju loket pembelian karcis. Perjalanan pertama adalah menuju peta besar yang dipasang di simpang empat dekat restoran organik dan pangkalan mobil terbuka khas Kebun Raya Bogor. Rencananya kami akan berkeliling dengan mobil yang tarifnya hanya Rp. 10.000 saja perpenumpang.

1353486220126543617

Kebun Raya Bogor didirikan tanggal 18 Mei 1817 oleh Prof. Dr. C. G. C. Reindwart, seorang ahli botani berkebangsaan Jerman. Pada awalnya kebun ini bernama s’Lands Plantentuin te Buitenzorg, yang menjadi pusat introduksi berbagai tanaman ekonomi penting pertanian.
Kelapa sawit (Elaeis guinensis) adalah salah satu komoditi pertanian yang diintroduksi dari Afrika Barat ke Indonesia melalui Kebun Raya Bogor yang akhirnya menjadi induk kelapa sawitse-Asia Tenggara. Tanaman.

Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu. Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan Pustaka.

13534870621100771475

Supirnya ternyata kocak juga loh! Sambil menjelaskan beragam tanaman yang kami lewati, dia selingi dengan humor-humor yang membuat suasana menjadi ceria. Ketika kami melewati dua pohon tua yang tinggi sekali, supir mengatakan ‘Penumpang yang terhormat … Mohon jangan datangi pohon besar itu saat malam hari!’ Seorang penumpang bertanya ‘Kenapa Pa ?’ Dia jawab ‘Kalau malam kan gelap Bu …’ Ha3 … Aku kira dia akan cerita tentang hal-hal seram …

13534885951006015176

Di dekat kolam besar yang ditumbuhi teratai raksasa sekali lagi supir menjelaskan bahwa bila penumpang ada yang punya bayi silahkan di dudukkan di atas daun teratai itu, niscaya tak akan tenggelam. Lalu Kindi anakku bertanya ‘Pa … Kalau aku yang naik gimana ?’ Jawabnya “Boleh saja tapi latihan berenang dulu ya De …’ (Wah … artinya kalau balita 15 kilogram seperti Kindi daun teratainya tidak bisa menahan).

Setelah berkeliling, kami mencoba mencicipi jus buah organik di cafe dan makan kentang goreng yang juga organik. Sedap … Energi pulih kembali. Kami melanjutkan perjalanan menuju Musium. Mas Hanif dan Kaka Rusydi sangat tertarik dengan banyaknya tumbuhan dan hewan yang diawetkan. Kalau Kindi sepertinya belum begitu menikmati.

Kami masih penasaran dengan bangunan indah yang ada di ujung lapangan rumput dekat kolam teratai. Karena harus shalat di masjid yang ada di dekat lapangan rumput itu, kamipun berjalan kaki melintasi rimbunnya pepohonan. Tak lupa aku ajak Kindi berlari di lapangan rumput dan duduk sampai berbaring menikmati birunya langit.

1353486953881588136

Puas berjalan dan berlarian, kami menuju kantin di dekat pintu keluar. Makan siang sederhana namun nikmat. Ya … Kami harus bergegas menuju ke stasiun kereta karena langit mulai mendung. Bogor adalah kota hujan … Jadi sebelum sore kami sudah harus kembali ke Jakarta.