selamat jalan anak hebat

Standar

Mataku terasa berkabut siap meruntuhkan buliran airmata. Bibirku tetap kubawa agar menyunggingkan senyum terindah.Hatiku haru berbaur bahagia. Selalu … di hari pertama anak-anak memasuki sekolah rasa itu tetap sama. Peluk hangat dan cium mesra aku berikan sebagai pemberi semangat. Doa dan cinta selalu mengiringi perjalanan mereka dalam menuntut ilmu.

Jalan ilmu harus kalian tempuh wahai anak hebat! Ikhlaslah dalam menuntut ilmu, niatkanlah selalu untuk melaksanakan perintah  Allah SWT karena Dia memerintahkan hal itu dalam firman-Nya : ‘Maka ketahuilah bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, dan mohonlah ampunan atas dosamu …’ (QS. Muhammad : 19). Jadikah cinta kepada Illahi Rabbi sebagai landasan kalian menuntut ilmu. Semoga Allah SWT juga mencintai dan merahmati kalian selalu sepanjang waktu.

Selamat jalan anak hebat! Ibu perpesan cintailah Al Quran dan raihlah keutamaan sebagai hamba-Nya yang mampu menghafal dan mengamalkannya. Semoga kalian akan disempurnakan ganjaran dan Allah SWT akan menambahkan dari karunia-Nya. Para malaikat yang mulia akan bersama kalian serta kelak akan mendapatkan derajat yang tinggi di surga-Nya serta dipakaikan mahkota kehormatan dihadapan Allah SWT.

Anakku … Teladan kalian adalah Muhammad SAW, bukan yang lain. ‘Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu ‘Berilah kelapangan dalam majelis’, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberikan kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan ‘Berdirilah kamu’, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan’. (QS. Al-Mujaadilah : 11). Ketahuilah wahai anakku … Ilmu adalah jalan menuju kebahagiaan.

Rasulullah SAW bersabda : ‘… Sesungguhnya dunia diberikan untuk empat orang (1) seorang hamba yang Allah berikan ilmu dan harta; kemudian dia bertaqwa kepada Allah dalam hartanya, dengannya ia menyambungkan silaturahim, dan mengetahui hak Allah di dalamnya. Orang tersebut kedudukannya palling baik (di sisi Allah); (2) seorang hamba yang Allah berikan ilmu namun tidak diberikan harta, dengan niatnya yang jujur ia berkata, ’seandainya aku memiliki harta, aku pasti mengerjakan seperti apa yang dikerjakan si fulan’. Ia dengan niatnya itu, maka pahala keduanya sama; (3) seorang hamba yang Allah berikan harta namun tidak diberikan ilmu. Lalu ia menggunakan hartanya tanpa ilmu, tidak bertaqwa kepada Allah dalam hartanya, tidak menyambung silaturahim dengannya, dan tidak mengetahui hak Allah di dalamnya. Kedudukan orang tersebut adalah yang paling jelek (di sisi Allah); (4) seorang hamba yang tidak Allah berikan harta tidak juga ilmu, ia berkata ’seandainya aku memiliki harta, aku pasti mengerjakan seperti apa yang dikerjakan si fulan (yang ketiga), ia berniat seperti itu dan keduanya sama dalam mendapatkan dosa.’

 

Maryam Aliyya Al Kindi mengisi waktu luang dengan membaca buku.

Ibrahim Rasyid Ridho Rusydi yang sedang menempuh pendidikan di SMA Insan Cendikia IBS  dan Muhammad Hafizh Haidar Hanif di SMP IT Al Binaa bersama ayahnya ketika sedang berlibur di kawasan wisata alam gunung Kidul Yogyakarta.

Ibu berdoa sepenuh cinta, semoga Allah SWT menjadikan kalian golongan pertama. Kelak kalian menjadi seorang hamba-Nya yang dikaruniai ilmu dan harta, kalian berbuat baik kepada manusia dan diri sendiri dengan ilmu dan hartamu. Semoga Allah SWT mengabulkan permohonanku … amin Ya Rabbal ‘alamin …

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s