nasi jamblang cirebon cermin bhineka tunggal ika

Standar

Beraneka ragam lauk pauk berjejer rapi di meja penjual nasi jamblang.

Makanan khas Cirebon ini sangat terkenal sebagai kuliner paling top bersanding dengan empal gentong dan tahu getjrot. Namun, khusus nasi jamblang ada filsafat agung yang mengiringi keunikannya. Lauk pauk beraneka ragam layaknya keragaman suku, bangsa, budaya, bahasa, dan adat istiadat di negara Indonesia tercinta.

Rasanya ada yang pedas, seperti sambel goreng asli Cirebon. Manis terwakili tahu kuah kecap, asin tentu ada ikan jambal goreng yang mak nyuuusss … Selain rasa sumber makanan juga bermacam-macam, ada ikan sontong yang di goreng berlumuran hitam tintanya. Wuih … sedap nian rasanya. Ada kerang pedas, pepes teri, dan ikan jambal asin, mewakili makanan laut.  Tahu tempe goreng dan pepes tahu mewakili sumber kacang-kacangan. Telur dadar, hati sapi di bumbu kecap, daging bistik, usus ayam, paru goreng, dan otak goreng lapis telur mewakili sumber makanan hewan ternak darat. Lalu ada terong balado, pepes jamur, sambel goreng, perkedel dan sate kentang mewakili palawija.

Cara memasaknya pun berbeda-beda : ada yang digoreng, ditumis, dipepes, dikuah, dan ditanak.

Lalu, satu-satunya yang tak ada lain di negeri ini adalah nasinya itu loh! Dibungkus daun jati. Harumnya menarik selera untuk semakin semangat menyantap bungkus demi bungkus. Sepertinya tidak cukup satu bungkus he3 … Jadi bhineka 0beragam- lauk pauknya dan tunggal -satu- nasinya dibungkus daun jati serta  ika -bersatu- sedap rasanya.

Mau tahu hal unik lainnya ?

Penjual nasi jamblang tidak pernah bawa kalkulator hi3 … entah bagaimana mereka dapat menghitung dengan cepat dan tepat berapa total harga makanan yang ada di dalam piring kita ? Sepertinya mereka dulunya jago matematika di kelasnya hi3 … Kejujuran juga hal yang menarik dalam kuliner nasi jamblang. Kita menyebutkan apa yang tadi kita makan bukan saat makanan itu ada. namun setelah makanan sudah meluncur mulus lewat mulut dan sampai di lambung kita. Nah … kalau kita lupa bagaimana ? Itulah kehebatan mereka! Percaya saja pada apa yang disebutkan oleh pembelinya.

1328250678480213295

Pembeli boleh mengambil sendiri laukpauknya : kecuali nasi jamblang yang dibungkus daun jati itu diambilkan oleh penjualnya.

Tempat yang terkenal adalah nasi jamblang Mang Dul di daerah Gunungsari (persis depan Grage mal), lalu di pelabuhan Cirebon (pintu masuk dekat Klenteng), ada juga penjual nasi jamblang di pasar modern seperti Yogya. Oya … penjual nasi jamblang juga masih ada yang dibawa bakul keluar masuk kampung / gang. Sewaktu masih  berkantor di daerah Suratno, aku sering makan nasi jamblang dari mbok bakul.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s