bersyukur atas nikmat sehat

Standar
Kusadari, betapa aku sering mengingatkan anak-anak untuk siap menempuh ujian, terlebih ujian sekolah. Lebih heboh lagi saat menjelang ujian akhir sekolah dan ujian akhir nasional. Belajar … belajar … belajar … Ada pendalaman materi, les privat, bimbingan belajar, latihan soal, try out. Ya … macam-macam cara ditempuh agar siap menempuh ujian.

Namun, aku  sering lupa mempersiapkan diri kita sendiri untuk menempuh berbagai ujian kehidupan. Persiapan ku tak sepadan dengan apa yang ditempuh anak-anak. Aku ‘cuma’ biasa-biasa saja belajar, bahkan lupa tak belajar sama sekali. Ujian kehidupan beragam bentuknya. Ada ujian kemiskinan, kesakitan, kehilangan, atau di caci-maki, di fitnah, di tipu, di permalukan. Bisa juga ujian kekayaan, kesehatan, kekuatan, di beri pangkat dan jabatan, di beri peluang dan kesempatan. Alhamdulillah …  Allah Yang Maha Pemberi Karunia, melimpahkan petunjuk-Nya agar aku berlaku sama dengan anak-anak. Belajar … belajar … belajar terus menerus agar mampu menempuh segala macam ujian dan lulus dengan nilai terbaik.

Bersyukurlah atas nikmat sehat.
Bersabarlah atas sakit yang diderita.
Bertaubatlah atas musibah yang menimpa.
Berdoalah khusnul khatimah sebelum ajal menjemput.
Ya Allah … aku semakin yakin bahwa rezeki tidaklah harus berupa uang. Sehat, selamat, senang, sejahtera, dan segala karunia-Mu di dunia ini adalah rezeki-Mu yang harus di syukuri dengan semakin tunduk dan patuh kepada segala perintah-Mu dan menjauhi segala larangan-Mu.

Insya Allah … apapun ujian yang harus kita tempuh akan kita hadapi dengan predikat S3 :
sabar … sabar … sabar …
syukur … syukur … syukur …
semangat … semangat … semangat …
Sebagaimana Allah SWT berfirman : “(Mereka berdoa), ‘Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi”. (QS. Ali ‘Imran 3 : 8).
Allah SWT pun mengingatkan :  ”Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebagian kamu atas sebagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksa-Nya, dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al An’aam 6 : 165)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s