sma insan cendikia sekar kemuning : pengalaman sekolah berasrama

Standar

Mau tidak mau : suka tidak suka : siap tidak siap : setuju tidak setuju … Ujian Nasional untuk jenjang sekolah menengah atas dan sederajat tetap akan dilaksanakan.

Tahun lalu, Kaka Ibrahim Rasyid Ridho Rusydi telah melaksanakan ujian nasional pada tanggal 14 hingga 17 April 2014. Apa dan bagaimana suka duka juga seluk beluk serta pengalaman proses belajar Kaka di sekolahnya SMA Insan Cendikia Sekar Kemuning IBS ? Dapatkah ujian nasional menjadi alat ukur keberhasilan siswa dalam proses belajar selama tiga tahun di sekolah ? Mengapa keberhasilan siswa tidak boleh hanya diukur dengan nilai hasil ujian nasional ?

Pengalamanku menemani Kaka yang bersekolah di sekolah berasrama selama tiga tahun ini ternyata berbeda dengan pengalaman saat menemani Kaka di sekolah tidak berasrama. Selama tiga tahun tentu guru-guru di sekolah lebih berperan aktif dalam membimbing dan mengembangkan potensi Kaka sebagai pembelajar. Termasuk aku sangat bersyukur karena sekolah juga mengadakan penelusuran minat dan bakat siswa untuk memberikan gambaran tentang pemilihan jurusan di perguruan tinggi kelak atau profesi yang sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Proses belajar di sekolah berasrama dari sisi positifnya adalah pendampingan yang intensif kepada siswa dalam hal akademik maupun non akademik. Misalnya saat lepas waktu belajar formal di kelas, siswa bisa bertemu guru dan mendapat bimbingan bila ada pelajaran yang dirasa masih perlu penjelasan lanjut. Siswa juga tidak melulu mengejar nilai-nilai akademik, namun dengan berbagai program sekolah mengembangkan ragam kecerdasan.

Sepertinya sekolah menerapkan pengetahuan tentang kecerdasan berganda yang dikembangkan oleh Howard Gardner. Sebagai contoh yang aku ketahui diantaranya adalah :

Kaka bercerita di sekolah diadakan kegiatan ‘nobar’ atau nonton bareng beberapa film pilihan. Sekolah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan hobi fotografi, menggambar, dan mendesain. Hal ini terkait dengan kecerdasan spasial-visual yaitu berpikir dalam citra dan gambar. Melibatkan kemampuan untuk memahami hubungan ruang dan citra mental dan secara akurat mengerti dunia visual.

Dilain kesempatan teman-teman Kaka ada yang diutus oleh sekolah untuk mengikuti lomba pembacaan puisi malah mendapat penghargaan hingga tingkat provinsi Jawa Barat. Kaka pernah juga ikut lomba debat dalam bahasa Inggris, walau tidak menang tapi hal ini adalah sebuah proses untuk mengembangkan kecerdasan linguistik-verbal siswa. Oya … Siswa juga diajarkan untuk membuat makalah sepulang dari kegiatan study tour dan sekolah pernah kedatangan tamu berkebangsaan asing lalu siswa diajak untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Beberapa kali diskusi dan bedah buku juga diadakan sekolah.

Hal penting lainnya adalah soal kepemimpinan. Kaka mendapat kesempatan menjadi ketua kegiatan bakti sosial dan menjadi ketua pendanaan kegiatan tahunan sekolah. Proses belajar yang dapat mengembangkan kecerdasan intepersonal ini adalah berpikir lewat komunikasi dengan orang lain dan berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan memimpin, mengorganisasi, berbagi, menyayangi, berbicara, sosialisasi, permainan kelompok dan kelompok kerjasama dikembangkan dalam kegiatan tersebut.

Ternyata Kaka hebat! He3 … Aku tak menyangka Kaka bisa memetik gitar. Tak pernah ikut kursus loh … Suatu waktu Kaka mendapat hadiah dari Om Amir sebuah gitar klasik. Lalu secara otodidak Kaka belajar memainkannya. Di sekolah Kaka bermain dengan teman-teman yang juga punya kecerdasan musikal- ritmik. Aku senang ketika ada acara keluarga besar, Kaka tampil memainkan gitarnya.

Nah … Ini kegiatan yang sangat-sangat menarik dan dapat mendorong siswa untuk mengembangkan kecerdasan naturalis. Program sekolah yang diadakan adalah jalan-jalan di alam terbuka. Kaka bersama teman-teman dan guru pendamping menyusuri pematang sawah di kaki gunung Ciremai. Masuk ke sungai dan bermain air. Saat pelajaran biologi pun gurunya mengajak siswa keluar kelas dan mengamai tanaman yang ada di sekitar sekolah. Kaka juga pernah kemping dan menikmati kegiatan malam di bawah naungan langit berbintang. Ya … Kecerdasan naturalis adalah menyangkut pertalian seseorang dengan alam, yang dapat melihat hubungan dan pola dalam dunia alamiah dan mengidentifikasi dan berinteraksi dengan proses alam.

Sehat dan bugar tentu dambaan setiap orang tua terhadap anak-anaknya. Begitupun aku sangat bahagia bila Kaka dapat mengembangkan kemampuan badan-kinestetiknya. Sekolah mengadakan kegiatan  renang dan Kaka sudah piawai dengan gaya bebas juga gaya dada. Lapangan basket selalu ramai setiap sore. Kaka pun terlihat gesit dalam kostum basketnya mendribel bola dan berlari kesana kemari. Olahraga futsal menjadi favorit siswa.  Selain olahraga, kegiatan yang dapat mengembangkan kecerdasan ini adalah menari, menciptakan, merakit / membongkar, dan bermain drama.

Intrapersonal adalah  kecerdasan berpikir secara reflektif. Sekolah memiliki program harian seperti shalat berjamaah, mengkaji Al Quran, berdzikir, puasa sunnah, shalat tahajud, dan memotivasi siswa untuk menulis. Aku sangat bersyukur karena Kaka dapat mengikuti kegiatan tersebut di sekolahnya.

Satu lagi kecerdasan yang melibatkan pemecahan masalah secara logis,  ilmiah dan kemampuan matematis. Program olimpiade dikembangkan agar siswa memiliki kecerdasan logis-matematis yang baik. Alhamdulillah … Kaka pernah mengikuti OSN tingkat kota bidang astronomi dan biologi.

Jadi menurut pendapatku sangatlah tidak adil jika siswa hanya dinilai keberhasilannya dari nilai UN. Bukankah UN hanya bisa menilai kecerdasan linguistik dan logis-matematis ? Pun penilaian keberhasilan bukanlah pada hasil akhir yang mengabaikan proses. Aku sangat mendukung penilaian berdasarkan proses. Karena dalam proses ada unsur input juga output ada kebergantungan pada awal dan akhir. Siswa dan guru serta lingkungan sekolah juga orangtua ada dalam proses tersebut.

Ya … Kaka Alhamdulillah telah lulus UN SMA 2014. Sekali lagi, keberhasilan Kaka dinilai dari berbagai aspek kecerdasan dan proses belajar yang dijalaninya selama tiga tahun. Semoga sukses dan mendapat tempat terbaik di perguruan tinggi untuk terus berproses menjadi pembelajar sejati.  Dan kini Kaka sedang menempuh pendidikan di fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. Aamiin …

Kaka bersama adik tercinta dan dua sepupunya mengisi liburan selepas diterima di perguruan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s