siswa smp it albinaa boarding school lulus un 100%

Standar

Alhamdulillah Mas Muhammad Hafizh Haidar Hanif lulus UN SMP pada tahun 2015 dengan nilai sangat baik. Rata-rata  91,50 (Bahasa Indonesia 90,0 ; Bahasa Inggris 96,0 ; Matematika 92,5 ; dana Ilmu Pengetahuan Alam 87,5). Sebagai orangtua tentu sangat bersyukur dan bangga atas prestasi dan hasil belajar Mas selama menempuh pendidikan di SMP Islam Terpadu Al Binaa Pebayuran Bekasi (Al Binaa Islamic Boarding School). Lebih membanggakan lagi karena Mas memperoleh nilai tersebut dengan menjunjung tinggi kejujuran.

Mas mengerjakan soal secara mandiri dan penuh percaya diri. Tak sedikitpun terbersit keinginan berlaku curang alias mencontek. Pesan kejujuran ini selalu aku sampaikan terus menerus seiring kerja cerdas dan ikhtiar kerasnya mempersiapkan diri agar dapat menyelesaikan pendidikan di SMP dengan baik. Para ustadz dan manajemen sekolah juga mempersiapkan para siswa untuk percaya kepada kemapuan sendiri dan berlaku jujur dalam mengerjakan soal-soal ujian.

Sekolah tempat Mas belajar juga ternyata tidak melulu berorientasi asal lulus UN. Beberapa pertemuan antara manajemen sekolah yang diwakili kepala sekolah bersama orangtua siswa, sangat ditekankan bahwa pendidikan adalah sebuah proses. Nilai akademik bukan satu-satunya ukuran keberhasilan. Para siswa juga dibimbing agar mampu menjadi manusia cerdas yang berakhlak mulia. Berbagai program disusun agar mereka memiliki keimanan, ketaqwaan, serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkelindan tak terpisahkan. Ah … rasanya senang mendengar dan mendapatkan informasi sedemikian. Saat dibanyak tempat nilai adalah satu-satunya tujuan. Lalu kejujuran di abaikan dan dipojokkan di ruang berdebu. Kecuranganpun diambil sebagai jalan pintas agar nampak keberhasilan semu.  Apakah harus begitu ?!

Tentu tidak! Kalau bisa jujur kenapa harus curang ?!

Sebagai informasi tambahan untuk tahun ajaran 2015 ini Hasil Ujian Nasional diterbitkan dalam lembar negara berupa ‘Sertifikat Hasil Ujian Nasional / SHUN’. Di halaman muka ada data siswa dengan nilai ujian yang diperolehnya. Juga ada kategori nilai dan ada kolom rerata nilai UN tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Nah … Data yang aku dapatkan di lembar SHUN Mas adalah sebagai berikut :rerata Kabupaten Bekasi Bahasa Indonesia 65,74, Provinsi Jawa Barat 68,03 dan Nasional 71,06; sedangkan untuk mata pelajaran Bahasa Inggris berturut-turut reratanya adalah 53, 69 di tingkat Kabupaten Bekasi, 55,69 Provinsi Jawa Barat dan Nasional 60,01.

Berikutnya adalah mata pelajaran Matematik di tingkat Kabupaten Bekasi rerata sebesar 51,08, Provinsi Jawa Barat 62, 84, dan Nasional 56,28, Terakhir mata pelajaran IPA adalah 54,38 untuk tingkat Kabupaten Bekasi, 55,77 Provinsi Jawa Barat dan 59,88 Nasional.

Melihat data di atas, kesimpulan atas rerata nilai UN SMP Kabupaten Bekasi tinggal dari seluruh mata pelajaran semuanya di abwah nilai rerata tingkat Provinsi Jawa Barat dan Nasional. Begitu pula dapat dilihat bahwa Provinsi Jawa Barat seluruh mata pelajaran berada di bawah rerata Nasional. Ada apa ini ? … Apakah kualitas pendidikan di Kabupaten Bekasi khususnya dan juga di Provinsi Jawa Barat memang berada di bawah kualitas Nasional ? atau adakah kesimpulan lain ? Mungkin para ahli pendidikan dasar menengah bisa menganalisanya, dan mendapatkan solusi terbaik untuk masa yang akan datang.

Sekali lagi … Prinsipku dalam mendidik anak adalah bahwa proses jauh lebih penting dijalankan dengan sebaik-baiknya. Potensi bakat dan minat anak haruslah berkembang dengan optimal, Bukahkah kecerdasan anak tidak sama rata : masing-masing anak adalah unik. Bukti nyata aku alami bersama Mas. Alhamdulillah … Berkat karunia dan kasih sayang Allah Yang Maha Baik lagi Maha Mulia, terbukti bahwa prestasi adalah sebuah akibat dari sebab kerja cerdas dan ikhtiar keras. Belajar penuh semangat. Doa terus dipanjatkan. Bila nilai didapat dengan kejujuran, rasa syukur sungguh akan terpancar indah. Namun, nilai tinggipun bila didapat dengan kecurangan, rasa apakah yang akan muncul dari lubuk hati terdalam ? Malu! Entahlah … apakah masih ada rasa malu dihadapan Illahi Rabbi Yang Maha Melihat lagi Maha Mendengar bagi guru, orangtua dan siswa yang melakukan kecurangan ???

Mas bercita-cita menjadi mahasiswa Institut Teknologi Bandung : semoga Allah Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana mengabulkannya, aamiin … Sekarang Mas bersekolah di SMA Negeri 14 Jakarta, jurusan MIA.

Kenangan saat belajar di Al Binaa Islamic Boarding School :

mashanif

Mas bersama teman-teman selepas mengikuti workshop jurnalistik.

mashanif1

Mas bersama ustadz dan teman-teman di depan sekolah SMP IT Al Binaa.

mashanif2

Kegiatan lomba ekstrakulikuler diadakan untuk mengembangkan bakat dan minat para siswa. Alhamdulillah … Mas menjadi manajer tim sepakbola kelasnya pun menjadi juara pertama.

mashanif3

Bersama teman-teman sekelas selesai belajar Bahasa Inggris.

mashanif4

Kegiatan penguatan kapasitas kepemimpinan dilaksanakan di Garut. Mas terpilih mewakili sekolah untuk mengajar di sebuah sekolah dasar. Jalan yang ditempuh naik dan turun : benar-benar melatih mental dan ketahanan fisik. Barakallah … Mas bisa melaluinya dengan baik dan tentu saja senang. Kegiatan ini sangat berkesan dan memberikan pengalaman tak terlupakan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s