nilai rapor yang menarik

Standar

Sahabat kerenku yang pernah mendapat gelar ibu teladan ke-3 versi majalah Noor dan penulis kreatif menuliskan karakter putri dan putranya yang unik. ‘Punya dua anak dengan karakter yang bedaaa banget itu bikin ibunya kaya hati deh. Yang satu sibuuuk banget sama kegiatan OSIS tapi konsisten sama nilai rapot. Prinsipnya, “Kalau eksis di organisasi sekolah dan aktivitas lainnya, otak juga kudu pintar, biar nggak disepelein saat jadi leader.” Sementara yang satunya lagi berprinsip, “Otak pintar itu nggak selalu harus dibuktikan lewat nilai rapot. Udah gitu aja.’ Setuju banget deh … Sukses selalu buat kedua anak hebatnya … mba Wylvera.

Sabahat baikku yang arsitek juga penulis buku menuliskan rasa bangganya, mendapat hasil belajar putri tercinta. ‘Kalo lihat hasil seperti ini, ga salah donk jika hatiku semakin berbunga2?? Puji Tuhan ….. Dari 4 tahun di awal hidupnya, yang sempat tidak bisa mendengar (95dB), menjelma menjadi seorang gadis ‘smart’, kasih dan takut akan Tuhan …. ‘ begitu tulisnya. Wah … Tentu saja aku turut berbahagia. Selamat ya … mba Christie.

Nah … Anakku Mas, Muhammad Hafizh Haidar Hanif yang belajar di SMAN 14 Jakarta pun mendapat rapor semesternya. Capaian hasil belajar yang menarik perhatianku ada di halaman 4. Terbaca olehku deskripsi sikap spiritual Mas adalah ‘Selalu terlihat bersyukur dan berdoa sebelum melakukan kegiatan, serta memiliki toleran pada agama yang berbeda dan ketaatan beribadahnya sangat baik.’ Sedangkan deskripsi sikap sosialnya adalah ‘Sikap kejujuran, kedisiplinan, tanggungjawab, kepedulian, kesantunan, dan kepercayaan dirinya baik.’ Alhamdulillah …

Menurutku deskripsi tersebut sangat menarik. Guru, baik guru bidang studi maupun walikelas Mas tentunya harus menjadi pengamat yang teliti. Siswa di sekolah dibimbing sikapnya agar menjadi manusia yang berakhlak mulia. Senantiasa mencintai Allah Yang Maha Cerdas lagi Maha Pemurah dalam proses belajar adalah penting. Sejatinya belajar ilmu pengetahuan dan keterampilan adalah untuk semakin mengenal Allah Yang Maha Pencipta lagi Maha Mulia. Sikap pembelajar sejati harus dihiasi oleh kejujuran.

Terlepas dari perdebatan tentang meng-upload rapor anak di media sosial, aku merasa bahwa apresiasi orangtua atas pencapaian prestasi anak-anak adalah hal yang baik. Hasil belajar anak kita bagaimanapun perlu untuk diperhatikan dengan baik oleh orangtua. Anak-anak yang telah bekerja cerdas dan berpikir keras serta berjuang belajar di sekolah tentu patut mendapat penghargaan dari orangtua. Bukan berupa hadiah-hadiah mahal loh! Tapi dengan ucapan selamat, senyuman tulus, dan pelukkan penuh kasih. Pastilah anak kita akan merasa dibanggakan oleh orangtuanya …

Nilai rapor bukanlah tujuan. Namun proses mendalami ilmu dan mengasah keterampilan itulah yang akan bermanfaat bagi kehidupan Mas kelak. Begitu pesanku kepada Mas.  Oya … Ibu juga bersyukur atas prestasi sebagai ‘best participant’ dalam kegiatan Tafakur Alam yang diselenggarakan oleh SMAN 14 Jakarta selama 3 hari di Puncak – Bogor. Semoga Mas semakin semangat untuk menjadi muslim yang bermanfaat bagi sesama. Mas bisa menebar keindahan Islam dalam pergaulan sehari-hari. Tentu saja doa Ibu selalu mengiringi setiap langkah Mas.

Mas menjadi visitor di kantor pusat PT. Pertamina. Bergaya sejenak sambil memupuk semangat untuk meraih cita-citanya kuliah di Teknik Mesin ITB, aamiin …

Iklan

2 responses »

  1. Pujian dan rasa terima kasihku langsung pada mereka membuat mereka sangat senang. Tampak sekali di raut wajah mereka. Setelah itu mereka minta makan siang bebek penyet. Sudah itu aja. Aku nggak pernah upload rapor krn mereka keberatan. Aku selalu minta ijin mereka kalau mau upload apapun yg berhubungan dg mereka. Sulungku juga pengin masuk ITB mbak tp arsitektur. Aku masih berat, tapi nggak aku tampakkan. Penginku biar di UGM saja dekat aku 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s