liburan dirumahpun tetap asyik

Standar

Tak usah bersedih! Liburan di rumah juga bisa asyik kok … Inilah yang dilakukan Teteh, Maryam Alliyya Al Kindi saat liburan di rumah saja. Semoga menginspirasi teman-teman ya … Berseliweran tayangan foto berlibur dari teman-teman di Facebook. Wah … Senangnya bisa piknik keluar rumah he3 … Tapi, tak semua keluarga bisa melakukannya. Ada berbagai kendala yang menjadi sebab. Orangtua tak dapat cuti akhir tahun, tak ada dana, ada anggota keluarga yang sakit, dan sebagainya.

Beberapa alternatif kegiatan berlibur di rumah :

Sepedaan yuk! Halaman rumah bisa jadi arena bermain yang asyik. Pagi atau sore saat udara segar dan angin sepoi menemani Teteh berkeliling dengan sepedanya. Sehat juga loh! Selain sepedaan, aku juga berolahraga bulutangkis atau basket di lapangan komplek. Murah meriah dan menambah keakraban dengan Teteh.

Bertanding catur bersama Ibu. Teteh keturunan para master catur. Aki Oom dan Eyang Roosdi hobi catur. Disela kesibukan sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, Aki Oom menyempatkan berolahpikir dengan bidak-bidak hitam-putih. Begitupun disela aktivitas sebagai dosen pascasarjana di UNS, Eyang Roosdi melepas lelah dengan mengatur strategi¬†di depan papan catur. Akupun senang dengan kegiatan olahotak ini. Jadi deh! Teteh pun mencoba mengalahkan Ibu … Maaf ya Teh … Kali ini Ibu menang.

Menyusun balok Lego. Berlatih ketekunan dan kesabaran. Komponen demi komponen dirangkai hingga menjadi bentuk yang bermakna. Teteh kalau sedang bermain lego tidak boleh diganggu he3 … Lihat saja! Teteh begitu serius … (sssttt … ini ngambil fotonya juga sembunyi-sembunyi takut mengganggu : jepret!)

Bacalah koleksi bukumu Teh! Ajakan ini aku sampaikan agar Teteh bisa menikmati liburannya, walau di rumah saja. Alhamdulillah … Koleksi buku Teteh lebih dari 500 judul plus buku-buku warisan Kaka dan Mas bisa memuaskan hobi membacanya. Duduk manis di atas ranjang atau di pojok ruang tamu seperti ini bisa berjam-jam loh!

Berkreasi dengan komputer. Nah … Komputer bisa jadi media untuk belajar mendesain gambar, pakai saja ‘paint’. Teteh juga sudah belajar ‘powerpoint’ untuk membuat presentasi sederhana. Teteh juga senang melihat gambar pemandangan yang indah dan menjelajahi dunia lewat internet. Jadi komputer bukan cuma buat nge-game aja kan ? Liburanpun tetap seru.

 

Tempel-tempel kertas warna-warni jadilah karya cantik. Karton bekas susu dan botol tak terpakai pun bisa menjadi media pengisi liburan yang menyenangkan. Kertas kokoru bisa juga untuk membuat berbagai bentuk yang keren. Intinya kreatifitas Teteh menjadi terasah. Oya … Kain flanel dan beraneka bentuk kancing pun bisa menjadi pernak-pernik menarik. Melukis di atas kanvas atau mewarnai gambar dengan krayon bisa dipilih agar liburan anak-anak di rumah tak membuatnya bosan.

Liburan di rumah saja. Bisa!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s