al kindi ilmuwan muslim

Standar

Al Kindi lahir dan besar di Kufah (Syria) sekitar tahun 800 Masehi atau awal abad ke-9. Beliau lahir dari sebuah keluarga kaya dan terhormat yang banyak memiliki kesempatan untuk mempelajari kebudayaan dan pengetahuan seluas-luasnya. Al Kindi adalah seorang filsuf (ahli pikir), ahli matematika, ahli fisika, ahli astronomi, ahli kedokteran, ahli geografi, dan bahkan seorang ahli musik.Gubernur Kufah di masa Khalifah al-Mahdi (775 – 785 M) dan Harun al-Rasyid (786 – 809 M) adalah ayah Al Kindi. Di negara-negara Barat beliau lebih dikenal dengan nama Al Kindus.

Sumbangan beliau sangat besar di semua bidang tersebut. Hasil kerja beliau menjadikannya seorang filsuf terkemuka dari Arab. Al Kindi menuntut ilmu di kota Basra yang merupakan pusat ilmu pengetahuan dan pendidikan.

Sumber : Ilmuwan Muslim Al kindi Tim Pustaka, 2003

Beliau menunjukkan kepandaian dan minat yang besar akan ilmu pengetahuan. Tak puas di kota Basra, setelah menyelaikan pendidikannya beliau pindah ke kota Bagdad untuk memenuhi undangan Khalifah Al Makmun yang sedang mendirikan rumah kebijaksanaan (House of Wisdom).  Rumah kebijaksanaan adalah sebuat pusat pendidikan untuk memajukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Di tempat inilah filsafat Yunani dan hasil kerja ilmiah para ilmuwan diterjemahkan. Al Kindi dan Al Khawarizmi bekerja di House of Wisdom. Selain itu Khalifah juga membangun perpustakaan pertama dan terbesar di Iskandariah Mesir. Perpustakaan berisi naskah-naskah ilmu pengetahuan dan naskah-naskah penting dari Byzantium Turki. Al Makmun juga membangun sebuah observatorium di mana ahli-ahli astronomi muslim mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah mereka dapat dari ilmuwan-ilmuwan sebelumnya.

Karya-karya Al Kindi diantaranya adalah :

1. Suatu Pengantar Ilmu Hitung; 2. Jumlah Relatif; 3. Mengukur Perbandingan-perbandingan dan Masa; 4. Perhitungan Teori Archimedes; 5. Susunan Bentuk Garis-garis Tengah; 6. Revisi Buku Euclides; 7. Besarnya Jarak antara Tujuh Iklim;

Selanjutnya 8. Perhitungan Jarak antara Pusat Bulan dan Bumi; 9. Menghitung Jarak antara Seorang Pengamat dan Puncak Gunung serta Menghitung Ketinggian Gunung; 10. Susunan Sebuah Instrumen untuk Menentukan Besarnya Objek-objek yang Diamati; 11. Batuk Darah dari Saluran Pernafasan; 12. Obat Penawar Racun; 13. Penyakit Lepra dan Pengobatannya; 14. Rabies; 15.Sebab Munculnya Igauan dalam Penyakit-penyakit Akut; 16. Kitab Kimia Parfum dan Distilasi;

Buku-buku Al Kindi tersebut banyak memberikan pengaruh dan inspirasi bagi para ilmuwan Barat. Karya-karya tersebut hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak (sekitar 265) karya ilmiah Al Kindi.

Al Kindi pun membangun perpustakaan pribadi karena kecintaannya kepada ilmu pengetahuan. Namun dalam perjalanannya perpustakaan Al Kindi pernah disita oleh Khalifah Al Mutawakkil dan diberikan kepada Bani Musa tapi dikembalikan lagi kepada Al Kindi.

Al Kindi juga menaruh minat pada bidang musik. Beliau melakukan penelitian dan menghasilkan teori bahwa berbagai macam nada yang bergabung untuk menghasilkan harmoni memiliki kunci nada tertentu. Beliau juga membuktikan bahwa ketika sebuah suara dihasilkan maka akan menghasilkan gelombang bunyi di udara yang menggetarkan gendang telinga. Beliau pula yang menulis tentang pemberian tanda pada masing-masing kunci nada. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s