Leadership In Retail Business

Standar

Kepemimpinan Dalam Bisnis Ritel





Sumber: Thrive Global

Kepemimpinan merupakan faktor penting dalam memberikan pengarahan kepada pegawai apalagi pada saat-saat sekarang ini dimana semua serba terbuka, maka kepemimpinan yang dibutuhkan adalah kepemimpinan yang bisa memberdayakan pegawainya.

Kepemimpinan yang bisa menumbuhkan motivasi kerja pegawai adalah kepemimpinan yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri para pegawai dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

Menurut G.R Terry memberikan definisi:

Leadership is the activity of influencing people to strive willingly for mutual objective.

Sedangkan menurut Richard L. Daft mengatakan:

Kepemimpinan (leadership) adalah kemampuan mempengaruhi orang yang mengarah kepada pencapaian tujuan.

Mari pelajari jurnal berikut:

file:///C:/Users/Hp/Downloads/24-76-1-PB.pdf

Kepemimpinan seseorang dalam memimpin sangat berpengaruh dan menjadi faktor penentu bagi peningkatan dan penurunan kinerja pegawa, oleh karena itu terlihat jelas bahwa dalam setiap perusahaan membutuhkan sosok pemimpin yang efektif sebab dalam hal ini selain bergantung pada keandalan dan kemampuan para pegawai dalam mengoperasikan unit – unit kerja yang ada dalam suatu organisasi, kepemimpinan yang efektif serta pengaruh dan peran pemimpin sangat diperlukan karena pada kenyataannya keberhasilan suatu organisasi ditentukan oleh pemimpin yang dikembangkan pada organisasi tersebut untuk mencapai tujuan dari organisasi.

Penelitian ini terlihat dari rumusan masalah penelitian yakni faktor – faktor apa saja yang bisa mempengaruhi kepemimpinan seseorang dan bagaimana pengaruh kepemimpinan, terhadap kinerja pegawai pada PT. Pegadaian Cabang Cirebon. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survey dan pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner (angket) yang berupada pernyataan tertulis yang diberikan kepada responden. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu berdasarkan jawaban dari responden terhadap kuesioner (angket) yang dibagikan pada 24 responden yang diambil secara penentuan jumlah sampel Isaac dan Michael dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 1%.

Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas dengan menggunakan bantuan hasil SPSS versi 20 adalah valid dan reliable dan data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana, dan pengujian koefisien determinasi, dengan uji t. Dari hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh dari kepemimpinan yang diterapkan oleh pimpinan PT. Pegadaian Cabang Cirebon terhadap kinerja pegawai, hal ini dapat dilihat dari signifikasi α=0,05 dengan hasil uji t=54,506 dan signifikasinya < 0,05 (0,000<0,005), artinya hipotesis dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh kepemimpinan secara positif berpengaruh langsung terhadap kinerja pegawai pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Cirebon.

Pelajari juga jurnal berikut:

file:///C:/Users/Hp/Downloads/1020-3653-1-PB.pdf

Perempuan pemimpin dalam ekonomi khususnya dalam bisnis adalah kajian menarik yang belum banyak ditekuni oleh para akademisi baik secara konvensional maupun yang berbasis ilmu keislaman. Mengapa demikian? Menurut Hadiz dalam Jurnal Perempuan edisi 5 tahun 1998, di Indonesia, nilai-nilai gender tentang kodrat perempuan sebagai ibu dimanfaatkan negara untuk menyokong berbagai kepentingan ekonomi dan politiknya.

Model pembangunan yang dijalankan pemerintah Indonesia sejak dekade 70-an dilandasi oleh paradigma modernisasi dimana pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu faktor kunci. Dalam rangka mengejar pertumbuhan ekonomi, maka segala sumber daya
perlu dikerahkan. GBHN tahun 1988 menyatakan Negara untuk pertama kalinya membenarkan partisipasi perempuan di bidang ekonomi. Dokumen ini kemudian menjadi justifikasi atas peran ganda yang harus dijalankan perempuan, yaitu sebagai pekerja non upah di sektor domestik (ibu dan istri), maupun sebagai pekerja upahan di sektor publik.

Negara perlu merumuskan peran perempuan di bidang publik untuk justifikasi legal atas kerangka pembangunan yang sedang diterapkan, di samping untuk mendukung relasi ekonomi politik dengan negara adikuasa yang mensyaratkan demokrasi dan pemenuhan hak-hak warga.

Dalam Model Kepemimpinan Kualitas dikenal pendekatan kepemimpinan transformasional (transformational leadership) dimana pemimpinnya disebut pemimpin transformasional (transformational leaders) yang merupakan kombinasi yang unik dan efektif serupa keterampilan kepemimpinan dan manajemen secara bersama dalam organisasi. Perempuan maupun laki-laki bisa menjadi
pemimpin transformasional. Jenis kelamin tidak menghalangi seseorang untuk mencapai kualifikasi tersebut.

Sebagaimana ciri-ciri dari seorang pemimpin transformasional adalah orang yang harus melaksanakan tugas pimpinan yaitu orang
yang melakukan hal-hal yang benar (people who do the right think) dan tugas manajer yaitu orang yang melakukan sesuatu secara benar (people who thinks right) (Gazper, 2003: 204).

Hal penting lainnya yang terkait dengan kepemimpinan adalah akhlak atau moral. Akhlak atau moral merupakan faktor utama bagi kesuksesan seseorang atau perusahaan yang dapat bertahan lama. Bila kita membaca buku-buku biografi tokoh-tokoh besar dunia, kita akan mendapati bahwa mereka memiliki karakter yang kuat dan bertingkah laku baik. Mereka berpegang teguh pada nilai-nilai tertentu dalam mencapai tujuan mereka. Demikian juga perusahaanperusahaan yang dapat bertahan puluhan tahun bahkan
ratusan tahun, mereka menganut nilai-nilai inti yang dijadikan moral penggerak perilaku organisasi (Antonio, 2007: 26).


Pentingnya moral dalam meningkatkan kinerja bisnis dan suksesnya kepemimpinan seseorang dirumuskan dengan menarik oleh Doug Lennick dan Pred Kiel dalam buku mereka Moral Intelligence, Enchancing Business Performance & Leadership (2005). Mereka melanjutkan pembahasan tentang jenis-jenis kecerdasan sebelumnya seperti kecerdasan intelejensia (IQ), kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ), mereka mengintrodusir kecerdasan moral (moral intelegence) sebagai faktor utama dalam meningkatkan kesuksesan seseorang atau organisasi.

Penerapan Kepemimpinan Dalam Bisnis Ritel

Retail Leadership karya K.R. Haines.

https://glcworld.co.id/karakter-kepemimpinan-bisnis/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s