Shalat Dhuha dan Olahraga Caraku Merawat Sehat

Standar

Merawat sehat itu adalah tugas mulia sebagai tanda bersyukur kepada Allah Yang Mahabaik lagi Maha Pemberi Karunia. Ada dua hal penting dalam merawat sehat menurutku, yaitu peregangan melalui shalat Dhuha dan olahraga.

Bersyukur atas karunia sehat.

Pentingnya peregangan adalah agar tubuh tetap sehat, bugar, dan elastis. Peregangan merupakan gerakan pemanasan yang umumnya dilakukan sebelum olahraga. Gerakan ini bertujuan untuk mempersiapkan otot tubuh sebelum melakukan gerakan yang lebih intens agar tidak mengalami cedera.

Manfaat peregangan yaitu:

  • Meningkatkan fleksibilitas tubuh. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan menjadi kurang lentur terlebih jika jarang bergerak atau berolahraga.
  • Melancarkan peredaran darah.
  • Memperbaiki postur tubuh.
  • Mengatasi nyeri punggung.
  • Meredakan stres.

Apa hubungannya peregangan dengan shalat Dhuha? Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam menyebutkan peregangan dengan ungkapan santun yaitu “hak dari tiap persendian”. Seperti yang diriwayatkan Buraidah r.a bahwa Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam bersabda:

Dalam tubuh manusia terdapat 360 persendian dan ia wajib bersedekah untuk tiap persendiannya.”

Dalam hadist riwayat Ahmad, Muslim, dan Abu Daud, dari Abu Dzar Al Ghiffari menyebutkan, sholat Dhuha merupakan ganti dari sedekah seluruh ruas tubuh.

Dr. Ebrahim Kazim, seorang dokter, peneliti, serta direktur dari Trinidad Islamic Academy menyatakan, “Repeated and regular movements of the body during prayers improve muscle tone and power, tendon strength, joint flexibility and the cardio-vascular reserve.” Gerakan teratur dari shalat menguatkan otot beserta tendonnya, sendi, serta berefek luar biasa terhadap sistem kardiovaskular.

Elastisitas tubuh itu penting.

Selain peregangan melalui shalat Dhuha, aku juga berupaya melakukan olahraga secara rutin. Tentu setiap orang memiliki kesukaan berbeda. Aku senang jalan kaki, renang, dan bersepeda. Sesekali tracking di alam bebas. Pada waktu SD dan SMP, aku ikut beladiri silat, tapi sekarang sudah tidak lagi. Pernah juga ikut klub aerobic dan yoga tapi tidak rutin.

Manfaat utama yang bisa didapatkan dari olahraga adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Ketika berolahraga, tubuh akan lebih bebas bergerak. Ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya tubuh lebih sehat dan kuat, serta tidak mudah terserang penyakit. Jika sakit pun lebih mudah recovery tanpa harus mengonsumsi obat-obatan kimia berlebihan. Alhamdulillah …

Renang adalah olahraga sunnah.
Gowes sambil piknik itu asyik.
Tracking di alam bebas menghilangkan stres.
Jalan pagi bermandi sinar matahari segar sekali.
Sehat sekeluarga itu penting loh! Aku senang bisa berolahraga bareng Teteh pada akhir pekan.

Oya … Satu lagi hal penting dari olahraga yang aku rasakan manfaatnya yaitu berat badan yang stabil dan kadar lemak yang rendah. Berat badanku 42-43 kg dengan tinggi badan 153 cm. Sedangkan berdasarkan data dan dimasukkan ke rumus Broca, berat badan ideal untuk tinggi 153 cm adalah 45,05 kg. Masih kurang ya? Kadang agak kebablasan sih … Aku kalau kurang tidur dan kurang makan ngedrop tensinya. Jadi ya harus jaga jangan sampai kurang tidur dan kurang makan ha3 …

Ini rumus Broca untuk perempuan:

Cara menghitung berat badan ideal berdasarkan rumus Broca untuk perempuan:

((tinggi badan – 100) – (15% x (tinggi badan – 100))

Sumber: http://p2ptm.kemkes.go.id/

Ada satu kebiasaan aneh, aku tuh gak suka ngemil. Iiihhh … Boong banget ya??? Masa emak-emak gak suka ngemil … Iya loh! Beneran sejak kecil aku gak suka ngemil. Rasanya sudah cukup dengan makan wajib itu saja. Bahkan nasi pun kalau makan paling 100 gram. Jadi pernah konsul ke ahli gizi karena waktu hamil berat badan gak naik-naik. Padahal masih aktif juga olahraga renang dan jalan kaki. Aku disuruh banyak makan dengan gizi seimbang oleh dokter.

Jadi kesimpulannya aku bersyukur bisa merawat sehat dengan shalat Dhuha dan olahraga. Jika pun diberi hadiah sakit oleh Allah Yang Mahakuasa lagi Mahaperkasa itu karena Dia sedang melimpahkan kasihsayang-Nya juga rahmat-Nya agar aku semakin mendekatkan diri kepada-Nya serta senantiasa bersyukur dan bersabar. Bisa jadi itulah cara terbaik dari-Nya agar jiwa -(mental)ku juga senantiasa sehat dan dosa-dosaku berguguran, aamiin …

Simak artikel menarik lainnya di link berikut:

Satu tanggapan »

  1. Aku seneng banget melihat orang mau menghubungkan sholat dengan olahraga. Memang kelihatan kok hasilnya, kalau kita melakukan gerakan sholat dengan baik, efeknya terasa di organ-organ tubuh kita.

  2. Naah sejak pandemj , aku jadi rutin olahraga mba. Ada bagusnya juga sih pandemi ini 😄. Krn sebelumnya boro2 mau workout.

    Jadinya Krn udh rutin, malah badan ga enak kalo skip olahraga. Pemanasan, pendinginan pasti wajib tiap kali abis workout.

    Sholat Dhuha nih yg mau aku rutinin lagi. Masih belang belonteng ngelakuinnya, kadang iya kadang ga 😅.

Tinggalkan komentar